PROPOSAL
USAHA PRODUKSI
KUE CUCUR
DISUSUN OLEH :
NAMA PESERTA : M. Bashir
NO PESERTA :007-009-2013
PROGRAM KEAHLIAN : PEMASARAN
DINAS PENDIDIKAN KOTA PONTIANAK
SMK NEGERI 3 PONTIANAK
TAHUN PELAJARAN
2012 / 2013
HALAMAN
PENGESAHAN
USAHA
PRODUKSI KUE CUCUR
Nama Peserta : TANRIO ONES
THEOFILUS
Nomer Peserta :
Menyetujui Pembimbing,
Peserta
M. NASIR, SPd TANRIO ONES THEOPILUS
Mengetahui
Ka PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN
DRS. SAMSURIZAL, MMPd
NIP. 19630624 199010 1002
Pontianak, Maret
2013
i
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN.................................................................................i
KATA PENGANTAR............................................................................................ii
DAFTAR ISI .........................................................................................................iii
A.
Latar Belakang
...........................................................................................1
B.
Visi
Usaha.....................................................................................................1
C.
Misi
Usaha...................................................................................................
1
D.
Analisa Peluang
usaha................................................................................ 2
E.
Marketing
Mix...........................................................................................
.2
F.
Perhitungan modal dan Harga
jual......................................................... .3
G.
Perhitungan Rugi/ Laba
.......................................................................... .3
H.
Analisa
Keuntungan................................................................................
.. 4
I.
Kesimpulan
..............................................................................................
. 5
Iii
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
sehingga Proposal Produksi “Kue Cucur” ini telah dapat diselesai sebagaimana mestinya.
Proposal ini adalah sebagai salah satu
persyaratan mengikuti ujian UAN
Produktif tahun pelajaran 2012 / 2013 .
Bersama ini Saya ingin mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada semua fihak yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan
dan masukan yang bermanfaat bagi
penulisan proposal ini terutama kepada :
1. Ibu
Dra. Wardah Suhana M.M.Pd, Selaku Kepala SMK Negeri 3 Pontianak.
2.
Bapak Drs.Samsurizal, M.M.Pd selaku Ka Program Pemasaran.
3. Bapak
M. Nasir SPd. selaku pembimbing dalam pembuatan proposal
4.
Bapak/ Ibu Wali Kelas XII Pemasaran
5.
Bapak / Ibu Guru Yang mengajar di
Program Pemasaran
6. Kedua
orang tuaku yang mencintaiku dan menyayangiku.
7.
Teman-teman di SMK Negeri 3 Pontianak yang telah mendorong memberikan
semangat.
Proposal yang sederhana ini masih banyak kekurangan-kekurangan dalam
penulisan laporannya, Untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat
penulis harapkan .
Akhir kata Saya berharap
semoga bimbingan serta bantuan dari
semua fihak mendapat balasan yang sesuai dari Tuhan yang maha pengasih dan penyayang.
Pontianak, Maret, 2013
TANRIO ONES THEOFILUS
Ii
A. LATAR BELAKANG
Dalam rangka untuk mengikuti ujian Produktif, siswa-siswi
SMK Negeri 3 Pontianak melaksanakan kegiatan ujian praktik produktif .
Kegiatan yang dilakukan adalah dengan
membuat proposal, dimana pembuatan proposal ini dimulai dari pembimbingan, konsep, pengetikan dan persentasi produk yang dibuat.Selain dari pada itu ujian yang dimaksud
untuk mengangkat produk lokal yang ada didaerah kita khususnya kota pontianak.
Segala Kemampuan menulis untuk
memaparkan ide-ide dan daya kreatifitas harus dituangkan dalam kertas maupun didalam presentasi
.
Produk ini yang semakin hari kurang
peminat bisnisnya, dikarenakan persaingan dengan produk lokal yang lainnya.
Pemerintah berupaya melalui ujian produktif disekolah kejuruan melakukan upaya
agar produk lokal tidak ketinggalan dan ditelan massa. Begitu juga para guru pembimbing mata diklat produktif berupaya
sedini mungkin untuk mempersiapkan siswa-siswinya agar tampak lebih siap untuk tampil dalam ujian praktiknya.
Para siswa maupun siswi dituntut untuk dapat secara profesional
melakukan kewajibannya mempersiapkan pengetahuan dan keterampilan semaksimal
mungkin agar dapat dinilai dengan hasil baik dan mendapatkan nilai yang
maksimal.
B.VISI
Adapun yang menjadi visi usaha saya dalam hal ini adalah :
“Berprestasi,Terampil dan Bersemangat jiwa wirausaha”.
C.MISI
Ada beberapa hal yang menjadi misi dalam profosal ini yaitu :
1.Mampu melakukan pembuatan proposal dan produk
2.Mampu melakukan praktik penjualan di lapangan
3.Mendapatkan semangat jiwa kewirausahan
1
D.ANALISA PELUANG USAHA
Ada pun
analisa peluang usaha menggunakan analisa SWOT yaitu:
1.
Kekuatan Produk kue (Strenght )
a. Kue ini
manis dan kenyal rasanya
b.
Disajikan pada waktu dingin dan panas tetap enak
c. Kue ini tidak mudah basi dan terjangkau
harganya
2.
Peluang/ Kesempatan (Opportunity )
a.
Dapat dipasarkan
dimana saja.
b. Memasarkannya lebih mudah
c. Mengerjakan tidak sulit dan untung lumayan.
3. Kelemahan Kue ( Weakness )
a. Kue ini hanya disukai
orang-orang tertentu saja
b. Produk
kue ini agak sulit berdampingan dengan kue modern sekarang.
c.
Produk kue ini hanya untuk acara-acara tertentu saja.
4.
Ancaman (Threat )
a. Produk
kue ini jarang terlihat dipasar, ada kemungkinan akan hilang
b. Sistim pembuatan kue ini masih sederhana
sehingga bisa kalah saing.
c. Bentuk kue ini kurang variatif .
E. BAURAN PEMASARAN ( MARKETING MIX)
Agar hasil produksi dapat sampai ketangan konsumen dengan cepat maka
diperlukan suatu cara yaitu bauran pemasaran yang terdiri dari
:
1.
Produk
(product)
Produk harus diberi nama, diberi merk, dikemas,
diberi harga, bahan-bahan membuat kue yang ditempel dikemasan produk, mas
berlaku.
2.
Harga (price)
Harga yang ditempel diproduk adalah harga yang
dapat bersaing dengan produk lainnya yang sejenis dan dapat dijangkau oleh
konsumen.
2
3.
Promosi
( promotion)
Produk diperkenalkan dengan konsumen
dengan cara :
a. Menyajikan produk extra yang dapat
dicicipi
b. Produk gratis lainnya
c. Potongan harga
d. Pelayan antar ketempat konsumen
4. Tempat (Places)
Tempat
melakukan pemasaran produk ditempat-tempat yang strategis dimana calon konsumen
ramai seperti pasar tradisional, pasar umum, supermarket atau dikantin sekolah.
5. Distribusi (distribution)
Produk
didistribusikan ketangan konsumen dengan cara disalurkan secara langsung dengan
cara dibawa sendiri, selain itu bekerja sama dengan pengecer yang datang
kerumah.
F. PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA POKOK
1. Modal awal terdiri dari :
Pembelian tepung beras ½ Kg Rp. 6. 000
Pembelian gula merah
½ Kg Rp.
4. 500
Minyak makan ½ Kg Rp 5. 500
Tepung gandum ¼ Kg Rp.
2. 800+
Total biaya bahan Rp.18.800
Biaya bungkus Rp. 5. 000
Biaya
Penyusutan peralatan Rp. 3. 000
Biaya
Upah Rp. 5. 000+
Harga pokok produksi kue Rp.31.
800
Harga pokok / buah kue 31. 800 : 50 = Rp. 6. 36
3
2. Perhitungan Harga Jual
Untuk menghitung harga jual kue ini dapat dihitung dengan cara :
Harga Jual Kue = Harga pokok
produksi + Biaya Pemasaran +20%Laba
yang diinginkan.
Harga pokok
produksi kue Rp. 31. 800
Biaya
pemasaran:
-
Penitipan Rp. 5. 000
-
Transportasi Rp. 3. 000+
Total
biaya Rp. 39. 800
Laba
yang diinginkan 20 % Rp 7. 960+
Harga
jual kue keseluruhannya Rp. 47. 760
Harga
jual kue perpotong = Rp 47. 760 : 50 = Rp 9. 55 ( dibulatkan Rp. 1.000 ).
G. PERHITUNGAN RUGI /LABA
Pendapatan kotor Rp. 47. 760
Biaya administrasi Rp. 3. 000+
Keuntungan bersih keseluruhan Rp. 44. 760
Keuntungan / buah
Rp. 9. 55 : Rp6.36
= Rp. 319
H. ANALISA KEUNTUNGAN
Dari hasil perhitungan rugi laba yang di dapat ternyata keutungan yang di
dapat per hari saya adalah. Rp.12. 960 berarti perkiraan kembali modal saya dalam
waktu kurang
lebih 3 sampai 4 hari. Selanjutnya akan menambah modal kerja, Dari
analisis perlu upaya agar modal lebih berkembang yaitu memperbanyak langganan
dan promosi penjualan dilapangan.
4
I.
KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat saya ambil dari profosal ini
adalah :
a. Pembuatan profosal dimaksudkan dalam
rangka ujian praktik produktif pemasaran di SMK Negeri 3 tahun
pelajaran 2012/ 2013.
b. Ujian produktif sekaligus menggalakakan
produk lokal yang ada didaerah khususnya kota pontianak.
c. Agar siswa/siswi lebih terampil dalam
membuat profosal
d. Memotivasi semangat wirausaha agar dapat
tumbuh dan berkembang dihati siswa/siswi dan masyarakat.
e.
Belajar
mencermati baik dari segi modal, peluang usaha dan kemungkinan lainnya.
________ Semoga Bermanfaat _________
cara mengetahui laba yang diinginkan sebesar 20% itu bagaimana ya?
BalasHapus