Mengapa perencanaan penting
Hampir semua manajer berpartisipasi dalam beberapa jenis
perencanaan karena mereka harus mencoba untuk memprediksi peluang dan ancaman
di masa depan dan mengembangkan rencana dan strategi yang akan menghasilkan
organisasi yang berperforma tinggi . Selain itu , tidak adanya rencana sering
menimbulkan keragu-raguan , langkah palsu , dan perubahan arah yang keliru yang
bisa merugikan organisasi atau bahkan menyebabkanbencana.planning penting bagi
empat alasan utama
1 . Perencanaan diperlukan untuk memberikan organisasi rasa,
arah, dan tujuan . Rencana menyatakan apa tujuan organisasi yang ingin dicapai
dan strategi apa yang hendak digunakan untuk mencapainya . Tanpa adanya arah
dan tujuan itu suatu rencana formal menyediakan manager yang dapat menafsirkan tugas khusus mereka sendiri
dan pekerjaan dengan cara yang paling sesuai dengan hasil mereka
sendiri,hasilnya akan menjadi organisasi yang mengejar beberapa dan sering
bertentangan tujuan dan satu set manajer yang mau melakukan kerjasama
danbersama-sama bekerja. dengan menyatakan yang tujuan organisasi dan strategi
yang penting , rencana membuat manajer di jalur benar sehingga mereka
menggunakan sumber daya di bawah kontrol mereka secara efisien dan efektif
2 . Perencanaan adalah cara yang berguna untuk mendapatkan
manajer untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan tentang tujuan
yang tepat dan strategiuntuk organisasi. Perencanaan yang efektif memberikan
semua manajer kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan .
Pada intel , misalnya , manajer puncak , sebagai bagian dari proses perencanaan
tahunan mereka , secara teratur meminta masukan dari manajer tingkat yang lebih
rendah untuk menentukan apa tujuan dan strategi organisasi harus
3 . Sebuah rencana membantu mengkoordinasikan manajer dari
fungsi yang berbeda dan divisi dari sebuah karya organisasi untuk memastikan
bahwa mereka semua menarik dalam arah yang sama dan bekerja untuk mencapai
keadaan masa depan yang diinginkan
4 . Rencana dapat digunakan sebagai alat untuk mengendalikan
para manajer dalam sebuah organisasi . Rencana yang baik tidak hanya menentukan
dalam tujuan dan strategi organisasi tidak hanya berkomitmen untuk rencana
tetapi juga yang menanggung tanggung jawab untuk menempatkan strategi ke dalam
tindakan untuk mencapai tujuan manager.dimana mereka tahu bahwa mereka akan bertanggung jawab
untuk mencapai tujuan , mereka termotivasi untuk melakukan yang terbaik untuk
memastikan tujuan tercapai
Tingkat perencanaan
Dalam perencanaan organisasi besar biasanya terjadi pada
tiga tingkatan : manajemen perusahaan, bisnis atau divisi , dan departemen atau
fungsional . Pertimbangkan bagaimana perusahaan listrik umum (GE).satu dari
organisasi global terbesar di dunia , GE bersaing di lebih dari 150 bisnis yang
berbeda atau industries.GE memiliki tiga utama tingkat manajemen perusahaan,
bisnis atau divisi dan tingkat fungsional ( lihat gambar 8.2 ) . Pada tingkat
korporasi adalah CEO dan ketua Jeffrey Immelt , manajemen puncak nya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar